Selasa, 16 Agustus 2011

BUDI DAYA TANAMAN TERONG SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI TANAMAN TEMBAKAU


 
 Dalam suasana Bulan Puasa saya mencoba menelusuri perkampungan  di Kelurahan Kolpajung  ternyata  ada seorang namanya H. Mawardi yang mempunyai inovatif membudi dayakan tanaman terong dan ternyata  tampak berhasil  , sementara  dalam luasan tanah  500 m2 nampak tanaman segar dengan daun – daun membiru serta  buah terung bulat ungu  menyejukkan  dengan jarak tanam  60 cm – 70 cm sekarang beliau untuk tahab awal menanam sebanyak  1600   pohon
Dilihat waktu tanam dan cara tanam tanaman terong  tidak jauh bedanya denga  budidaya  tanaman tembakau , menurut H. Mawardi pada tahun – tahun sebelumnya pada musim kemarau beliau terbiasa menanam tanaman tembakau oleh karena kegagalan yang terus menerus pasca panen tembakau , petani di Pamekasan mengalami kerugian yang diakibatkan oleh harga tembakau yang rendah pada waktu musim panen tembakau . Beliau pada sehari – hari nya adalah pengasuh Mushallah Al Mukmin Kolpajung Pamekasan  ,  pada tahun ini beliau mencoba membudi dayakan tanaman Terong dan ternyata  berhasil banyak membantu ekonomi keluarganya .
Pada saat ini sudah memasuki masa panen setiap hari H. Mawardi bisa panen Teron  sebanyak   200 bh.  Dan dijual  ke Pasar Kolpajung atau sekitarnya  rata- rata harga jual  Rp. 1000,- s/d Rp. 1.500,- / bh - . Kalau dihitung- hitung dengan luas areal tanam 500 m2 jumlah  tanaman  1600 pohon terong  dengan rata-rata  1 pohon terong berbuah  10 bh.terong per musim  , maka pada akhir panen berjumlah  16.000 bh terong  a Rp. 1.000,-  penghasilan  kotor seluruhnya sebesar  Rp. 16.000.000,- **)  hal ini sangat  mengembirakan bagi beliau , juga menjanjikan /memberikan impian segar   apabila Petani di Pamekasan sebagian tanahnya paling tidak  0,05 Ha – 0,10 Ha untuk menanam terong sebagai alternatif pendamping  tanaman tembakau , yang selanjutnya  mencari tanaman lain yang lebih produktif , yang cocok untuk masa- masa tanam pada musim kemarau  tuturnya .
Sebagai Kabupaten yang mendapat Penghargaan Tertinggi pada Bidang Pertanian  tahun 2011  sudah selayaknya  Pemerintah Kabupaten Pamekasan memberikan apreasiasi terhadap usaha / inovatif terhadap kemajuan dalam bidang Pertanian apalagi dalam menyongsong era global  dalam bersaing meningkatkan produksi pertanian juga kedepan bagaimana membantu pemasarannya katanya .

*)ACHMAD FAUZI
    JLN. GATOT KOCO 40 PAMEKASAN
    Anggota  Komunitas Belajar Perkotaan ( KBP )
    Kabupaten Pamekasan
 Alamat blog.   www.achmad-renunganhati.blogspot.com
 No. Telp. 081553609741 atu 0324324396

**) Analisa penulis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar